Lomba Desain Logo ala Ritus Café&Resto

Ala Ritus Cafe & Resto (Version 1)

Kreator: 
Chrislee
Desain Logo: 
Desain Mockup: 
Desain Mockup (Opsional): 
Desain Mockup (Opsional): 
Desain Mockup (Opsional): 

-------------------------- " SUDAH DIPERBAHARUI " ------------------------

DATA : 

~  Ala  -  RITUS  -  Café & Resto   ( 20%, 70%, 20% )

~ Warna : Hitam/ Putih/ Pink/ Merah/ Hijau/ Kuning ( +kreasi )

~ Tradisional, Elegan, Mudah dikenali, Orisinil

~ Ritus : Tindakan yang bersifat keseharian (Winnick dalam Nur Syam : 2005)

ANALISIS :

Ritus adalah suatu kegiatan keseharian dimana dalam akan berhubungan dengan kebutuhan primer yang sejak dulu ada yaitu kesatuan dari sandang, pangan, papan.

Pembuatan logo focus pada bentuk yang khas dan orisinil dikarenakan dalam logo tersebut sudah tercantum tulisan "Café & Resto" dimana orang bisa mengetahui bahwa tempat tersebut adalah rumah makan.

KONSEP :

Pendesainan dengan font yang baru saya ciptakan dengan memperhatikan tebal tipis, maskulin feminim serta berbagai hiasan yang seperti ukiran namun disederhanakan melihat dari pengunjungnya pria dan wanita.

Sandang : Unsur sandang terlihat dari bentuk lengkung dan daun - daun yang biasa kita lihat pada pakaian pakaian adat tradisional seperti batik dan tentu merupakan cirri khas dari Indonesia juga.

Pangan : Istilah pangan sudah terlihat jelas dari logo yang akan dibuat dengan adanya tulisan "Café & Resto".

Papan : Pemilihan tekstur kayu dan tema sebuah bangunan adalah konsep saya dikarenakan tak bisa dipungkiri bahwa bagaimanapun juga seseorang akan tertarik dengan bangunan yang memperlihatkan apa yang ada di dalamnya...dan saya memilih kayu dikarenakan dimana ada bangunan yang dominan terbuat dari kayu dapat dikatakan pasti unsur didalamnya entah makanan atau apapun yang disajikan akan berkonsep tradisional .. termasuk rumah makan...  (bukan berarti bangunan Ala Ritus Cafe & Resto harus dominan kayu karena ini hanya perumpamaan tentang tekstur kayu) 

Elegan : Pemilihan warna abu-abu/silver sebagai salah unsur elegan dimana sesuatu yang berbau warna netral dengan kombinasi warna hitam akan terlihat elegan... dikarenakan ini bukan warung kopi atau warung makan atau kedai dan menggunakan istilan "cafe and resto" tentu saya menganggap target pengunjung yaitu kalangan menengah ke atas.. dan seandainya pun juga untuk menengah ke bawah tentu bisa diaplikasikan dengan bagian pemasaran.. namun saya menargetkan kalangan menengah ke atas... toh tak bisa di pungkiri apabila makanan tradisional murah pun mungkin saja golongan menengah ke atas bisa menjadi pelanggan setia.. jadi saya mengonsep logo elegan untuk target menengah ke atas...  

PENJELASAN LOGO :

- Menggunakan unsur kesatuan dan simetris karena terlihat beberapa bagian saling       mendukung satu sama lain. 

- Garis yang yang berada di bawah "Ritus" dikatakan seperti lantai pada bangunan tradisional yang dominan berbentuk panggung.

- Letak tulisan "Cafe & Resto" yang saya letakan tepat di tengah dan berada di bawah garis ya dapat di katakan seperti tangga pada rumah panggung tradisional.

- Huruf R S pada "Ritus" melihatkan sosok kaku dan kuat pada bagian kanan kirinya karena layaknya sebuah rumah tentu harus ada kolom yang menopang atap. 

- Huruf  I T U di perumpamakan sebagai tiang / kolom yang berada di dalam rumah..

- Garis yang berada di atas "Ritus" dan "ala" dapat diperumpamakan sebagai atap pada yang tentu berada di atas.. mungkin bagian "Ala" tidak terlalu terlihat atap karena jika kita menyadari bahwa ketika sudah mendekati bangunan tentu kita hanya bisa melihat setengah dari genting seluruhnya... 

- Aksesoris berupa ukiran dan daun-daun juga memberikan kesan hidup dan lebih dinamis (tidak sepenuhnya kaku) 

DARI PEMBENTUKAN LOGO :

- Ala Ritus Cafe dan Resto dapat dikunjungi oleh pria wanita dari segala umur.

- Diharapkan dapat terus menjadi kesatuan dari berbagai aspek dan saling mendukung satu sama lain (seperti halnya bagian pada rumah yang saling mendukung agar tetap berdiri kokoh)

- Diharapkan menjadi Cafe & Resto yang burumur panjang dan kokoh serta buka cabang dimana mana ( seperti yang terlihat pada tekstur kayu dimana kayu adalah material yang kokoh dan kuat dan berumur panjang serta dapat beregenerasi dan tumbuh di berbagai tempat )

Akan dilakukan penyempurnaan Logo jika lolos dengan berbagai pertanyaan dari saya mengenai beberapa hal yang saya butuhkan untuk merevisi logo yang sudah ada atau mungkin menciptakan yang baru yang berhubungan dengan ciri khas "Ala RITUS Café & Resto". Karena dalam merancang apapun dibutuhkan berbagai aspek data untuk di analisis dulu baru bisa menciptakan dan memperbaiki agar mencapai tujuan desain yang di harapkan.

Chrislee

chrisleekevin100@gmail.com